UPT Marine Station merupakan salah satu laboratorium Universitas Brawijaya yang terletak di Sendangbiru Kabupaten Malang. Dengan letaknya yang dekat dengan beberapa pantai yang indah dan mempesona menjadikan tempat tersebut sangat strategis dan patut untuk dikunjungi. Akses menuju pantai dan lab pun kini sudah bagus dengan dibangunnya jalan Lintas Malang Selatan.

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan pantai yang sangat indah dan populer di Malang. Pantai Balekambang sungguh indah dan jalan menuju pantai tersebut tergolong mudah dibandingkan dengan beberapa pantai yang berada di Malang. Selain itu, pantai Balekambang mempunyai ciri – ciri tersendiri yaitu adanya pura sehingga pantai ini biasa disebut dengan Tanah Lot yang berada di Malang.

Pantai Ngudel

Keindahan pantai Ngudel tergolong masih alami, pasalnya pantai tersebut merupakan pantai yang baru dibuka dan ekspose. Sepanjang bibir pantai akan terlihat batuan karang yang panjang, batuan tersebut berfungsi sebagai pemecah ombak yang datang dari lepas pantai. Selain batuan karang yang panjang kita dapat melihat beberapa pulau kecil dan pohon cemara yang berada di pinggiran pantai. Pantai Ngudel cukup luas dan terdapat beberapa pohon yang alami sehingga aman untuk bagi wisatawan untuk melakukan kegiatan outbond maupun camping. Jalan menuju pantai Ngudul cukup mudah karena jalan tersebut merupakan jalan lanjutan dari pantai.

Pantai Parangdowo

Pantai selanjutnya adalah pantai Parangdowo. Pantai ini memiliki pemandangan yang eksotis dan tentunya tidak kalah dengan beberapa pantai yang ada di Malang. Akses menuju pantai ini cukup mudah untuk dijumpai yaitu terletak pada pinggiran JLS (Jalan Lintas Selatan) Malang. Sama halnya dengan pantai Ngudel, batu karang juga terdapat pada sepanjang pantai Parangdowo ini, sehingga wisatawan dilarang untuk mandi atau bermain air pada daerah tersebut mengingat ombak pantai Malang ini cukup kuat.

Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara memilki keindahan yang menakjubkan, pantai ini bisa disebut dengan sebutan Raja Ampat – nya Malang. Pantai Teluk Asmara tergolong pantai yang muda, artinya pantai tersebut baru dibuka untuk dinikmati keindahannya oleh wisatawan. Akses menuju pantai masih belum tergolong bagus, namun sudah dapat dilewati oleh kendaraan. Yang membedakan pantai ini dari wisata bahari yang lain adalah, Teluk Asmara dikelilingi oleh pulau – pulau kecil. Pantai ini merupakan pantai baru yang bisa dicoba untuk berkemah dan menghabiskan weekend dengan teman – teman maupun keluarga.

Pantai Sendangbiru

Keindahan alam yang masih alami, dengan hamparan pasir yang cukup luas, deretan perahu nelayan, dan ombak yang menyapu bibir pantai menambah keindahan panorama alam yang disuguhkan oleh pantai Sendangbiru. Pantai Sendangbiru merupakan pintu masuk bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan Pulau Sempu. Akses menuju pantai ini cukup mudah dengan mengikuti alur Jalan Lintas Selatan Malang. Wisatawan yang ingin menghabiskan liburan tidak dibingungkan lagi dengan tempat tinggal, karena di daerah pantai Sendangbiru terdapat beberapa penginapan. Sehingga pantai ini boleh dicoba untuk wisata keluarga atau dengan kerabat – kerabat.

Pantai Sendiki

Pantai Sendiki, pantai dengan keindahan yang alami dengan pepohonan yang rimbun. suara ombak akan terdengar 100 m sebelum memasuki pantai tersebut. Jalur menuju pantai Sendiki cukup sulit untuk dilalui untuk kendaraan seperti bus. Letak pantai Sendiki berada di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumber manjing wetan Kabupaten Malang. Diantara birunya air laut terdapat dua pulau yang terlihat dari kejauhan sehingga membuat keindahan pantai ini semakin eksotis. Suasana yang sunyi dengan suara ombak, hijaunya pepohonan dan putihnya pasir menjadikan pantai indah dan menawan.

Pantai Ungapan

Pemandangan pantai ini tidak kalah menarik dengan pantai yang berada di sebelahnya yaitu pantai Bajul Mati. Disepanjang pantai Ungapan terdapat gazebo – gazebo mulai dari tepi barat sampai timur pantai. Dibelakang pantai ini terdapat pepohonan dan rumput yang menambah keindahan dan kealamian pantai. DItempat tersebut tak jarang dari beberapa wisatawan yang menggelar tikar untuk menikmati suasana pemandangan panorama pantai. Akses menuju pantai ini cukup mudah untuk ditemui yaitu terletak pada pinggiran Jalan Lintas Selatan Malang.

Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati memiliki pasir yang sangat halus dan bersih serta bebatuan karang sepanjang pantai yang sangat menawan. Dan memiliki teluk teluk yang cukup menarik yang menjadi ciri khas Pantai Bajul Mati, pantai ini memiliki gelombang ombak yang sangat besar di sarankan jangan berenang di pantai ini.

Print Friendly, PDF & Email